Bantuan hukum untuk rakyat miskin, buta hukum, dan korban pelanggaran HAM

Apa Pendapat Ahli Konsumen Terhadap Kasus Stella Monica?

PERS RELEASE KOALISI PEMBELA KONSUMEN (KOMPAK) 

Apa Pendapat Ahli Konsumen Terhadap Kasus Stella Monica? 

Berdasarkan Pemeriksaan Ahli Dari Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Dr Rolas B. Sitinjak pada sidang pidana ITE 30 September 2021 di Pengadilan Negeri Surabaya, dijelaskan bahwa:

  1. Bahwa berdasarkan UU Perlindungan Konsumen No 8 Tahun 1999 tidak ada terminologi "mantan konsumen" (tidak ada ketentuan yang menghapuskan status konsumen) 
  2. Bahwa berdasarkan pasal 4 UU Perlindungan Konsumen No 8 Tahun 1999 konsumen mempunyai hak mendapatkan informasi yang benar, jelas dan jujur atas barang dan jasa dari pelaku usaha.  
  3. Bahwa ketika konsumen berhadapan dengan hukum dengan pelaku usaha terkait objek sengketa yaitu barang dan/atau jasa yang didapatkan atas transaksi para pihak  maka yang seharusnya dikedepankan adalah menggunakan penyelesaian sengketa konsumen. 
  4. Konsumen memiliki hak untuk menyampaikan keluhan melalui sarana apapun selama apa yang dikeluhkan benar sesuai fakta terkait barang dan/atau jasa atas transaksi konsumen. 
  5. Jika undang-undang konsumen lahir di era ini maka pasti UU Perlindungan Konsumen memperbolehkan konsumen mengeluh melalui media sosial, karena gak konsumen yaitu didengar dan menyampaikan keluhan atas barang dan/atau jasa. 
  6. Bahwa menurut ahli Stella Monica harus diposisikan sebagai korban selaku konsumen, bukan sebagai pelaku tindak pidana. 

Surabaya, 30 September 2021.


Kompak (Koalisi Perlindungan Konsumen) 

Contact person:  082330231599 (Habibus - LBH Surabaya) 

089675679568 (Anin - PAKU ITE)