Bantuan hukum untuk rakyat miskin, buta hukum, dan korban pelanggaran HAM

Penyuluhan Hukum Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya di Desa Wringinanom Gresik

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya  melakukan Penyuluhan Hukum di Desa Wringinanom Gresik.


Pada 21 Mei 2022, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya melakukan penyuluhan hukum di ECOTON Desa Wringinanom Gresik. Penyuluhan hukum yang dilakukan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya. tersebut merupakan bagian dari program HEAL. 

Pada kesempatan itu Yaritza Mutiara Ningtyas. SH Selaku Pengacara Publik LBH Surabaya menyampaikan materi tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). materi ini sangat disambut dengan antusias oleh peserta penyuluhan mengingatnya maraknya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di masa pandemi ini. selain itu Yaritza Mutiara Ningtyas SH juga menambahkan bahwa Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) tidak terjadi terhadap Isteri, tetapi anak juga sangat rentan menjadi korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga. 

Juga dipaparkan terkait dengan bentuk-bentuk KDRT yaitu ada 4 bentuk, 1) Kekerasan Fisik, 2) Kekerasan Psikis, 3) Kekerasan Seks, 4) Kekerasan ekonomi. berikutnya disampaikan juga terkait data Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang terjadi di wilayah Jawa Timur dimasa Pandemi. 

peserta yang hadir tidak hanya dari kalangan ibu-ibu, tetapi anak-anak remaja juga sangat antusias mengikuti diskusi ini. Harapan diadakannya penyeluhan hukum ini agar masyarakat teredukasi terkait dengan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan harapannya masyarakat tidak takut lagi untuk melakukan pengaduan ketika mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

penulis : Fahmi Ardiyanto.